Friday 23 January 2015

10 Fakta Tengtang FC Barcelona

10 Fakta menarik tentang FC Barcelona

Trio MSN












  • Barcelona merupakan bagian dari propinsi Katalonia. Karena itu, Futbol Club Barcelona atau biasa disingkat Barca, merupakan kebanggan masyarakat Katalonia. Klub yang sudah
    berdiri sejak 1899 mungkin tak perlu banyak diperkenalkan lagi.

    Mereka merupakan salah satu klub tersukses di Spanyol, Eropa dan dunia. Buktinya mudah saja, klub yang dijuluki La Blaugrana ini sudah 18 kali menjuarai La Liga, 24 kali meraih Piala Raja Spanyol, tujuh kali juara Piala Super Spanyol, dua kali menjuarai Liga Champions, empat kali meraih Piala Winners dan dua kali meraih Piala Super Eropa.'


    Barca bermarkas di stadion Camp Nou, yang mampu menampung sekitar 98.700 penonton. Klub ini merupakan salah satu pelopor dibentuknya kompetisi La Liga atau Divisi Satu pada musim 1928/29, bersama dengan Real Madrid dan Athletic Bilbao. Barca berhasil menjadi juara pada musim pertama La Liga. Ketiga klub tersebut belum pernah terdegradasi sampai saat ini. Tapi dalam soal prestasi, hanya Real Madrid yang mampu menyaingi Barca.

    Pertemuan Barca dan Madrid di La Liga selalu berlansung sengit dan menarik. Duel kedua tim dijuluki El Clasico karena mereka hampir selalu bergantian mendominasi liga. Meski kerap berseteru, ada beberapa pemain yang pernah memperkuat kedua klub tersebut. Tentunya, pemain yang hijrah dari Barca ke Madrid dan begitu juga sebaliknya, tidak akan mendapatkan sambutan hangat di klub lamanya.

    Contohnya, Luis Figo. Gelandang asal Portugal ini pindah dari Barca ke Madrid. Saat kedua tim bertemu di Camp Nou, Figo mendapat sambutan 'hangat'. Selain disiuli dan diteriaki hampir sepanjang pertandingan, pemain asal Portugal ini diberikan kepala babi oleh penonton saat akan mengambil tendangan sudut.

    Dalam dua musim terakhir, Madrid memang berhasil mendominasi La Liga. Tapi di musim ini, saat performa Madrid sedang menurun, Barca justru sedang menanjak dan memuncaki klasemen La Liga. Bahkan banyak yang meyakini tim yang sekarang dibesut Josep Guardiola ini merupakan salah satu tim terbaik yang pernah dimiliki Barca.

    Berikut ini ada sepuluh fakta menarik yang harus Anda ketahui tentang Barca.

    10. Barca didirikan oleh Joan Gamper, seorang pengusaha berkebangsaan Swiss. Gamper datang ke Spanyol untuk urusan bisnis dengan beberapa orang Inggris dan Spanyol. Mereka ternyata sama-sama menyukai sepakbola dan kemudian sepakat untuk membuat sebuah klub pada 28 November 1899. Selain pendiri klub, Gamper juga menjadi salah satu pemain Barca sampai dengan 1903. Walter Wild dari Inggris, diangkat sebagai presiden pertama klub sampai dengan 1901.

    9. Ada lima pemain yang meriah penghargaan Balon d'Or (Pemain Terbaik Eropa) saat masih memperkuat Barca, yaitu: Luis Suarez (1960), Johan Cruyff (1973, 1974), Hristo Stoitchkov (1994), Rivaldo (1999) dan Ronaldinho (2005). 

    Lalu, ada empat pemain yang permah mendapatkan penghargaan FIFA World Player of the Year, yaitu: Romario Faria da Souza (1994), Ronaldo (1996), Rivaldo (1999) dan Ronaldinho (2004, 2005).

    8. Rekor penonton terbanyak di Camp Nou adalah 120 ribu orang. Itu terjadi dalam putaran pertama pertandingan perempat-final Piala Champions melawan Juventus pada 5 Maret 1986.

    7. Sejak 1955, Barca merupakan satu-satunya tim yang selalu berpartisipasi setiap tahun di kompetisi Eropa, baik di Liga Champions, Piala UEFA, Piala Winners, sampai sekarang. Mereka juga pemegang juara Piala Winners terbanyak, yaitu empat kali juara (1979, 1982, 1989 dan 1997).

    6. Barca sudah 18 kali menjuarai La Liga dan 22 kali menjadi runner-up. Mereka pernah empat kali berturut-turut merajai La Liga, yaitu pada musim 1990/91, 1991/92, 1992/93 dan 1993/94. Sedangkan di Piala Raja, Barca memegang rekor sebagai juara terbanyak yaitu 24 kali. Tapi terakhir kali mereka meraih piala ini pada musim 1997/98.

    5. Barca menjuarai Piala Champions pada 1992 dan Liga Champions pada 2006. Tim juara 1992 dianggap sebagai salah satu tim terbaik dan paling menghibur di Eropa dan dunia. 
    Tim yang diasuh Johan Cruyff itu memiliki pemain terbaik di segala lini. 

    Susunan tim inti 1992: Andoni Zubizareta (kiper); Nando, Albert Ferrer, Ronald Koeman, Miguel Angel Nadal, Jose Maria Bakero, Josep Guardiola, Julio Salinas, Michael Laudrup, Aitor Beguiristain, Hristo Stoichkov.

    4. Migueli masih memegang rekor pemain yang paling banyak tampil bersama Barca, total 548 gim di semua kompetisi dan 391 gim di La Liga. Rekor pemain yang masih aktif adalah Xavi Hernandez, yang sudah bermain 442 kali di semua kompetisi. 

    Rekor pencetak gol terbanyak Barca adalah Cesar Rodriguez. Pemain asal Spanyol itu mencetak 195 gol di La Liga. Sedangkan rekor pemain yang masih aktif dipegang Samuel Eto'o (Kamerun) dengan 92 gol (sampai Desember 2008)

    3. Ada enam pemain Barca yang tergabung dalam timnas Spanyol saat menjuarai Piala Eropa 1964 dan 2008. Pada 1964 adalah, Jesus Maria Pereda, Josep Fuste dan Fernando Olivella. Sedangkan pada 2008, Carles Puyol, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Lalu, ada dua pemain Barca yang membawa timnya menjuarai Piala Dunia 1994 dan 2002. Keduanya dari Brasil, yaitu Romario (1994) dan Rivaldo (2002).

    2. Johan Cruyff merupakan pelatih tersukses Barca sampai saat ini. Selama delapan tahun membesut Barca (1988-1996). pria asal Belanda ini mampu memberikan 11 piala (empat gelar La Liga, satu piala Liga Champions, satu Piala Winners, satu Piala Raja, satu Piala Super Eropa dan tiga Piala Super Spanyol).

    1. Musim 2008/09 diprediksi bakal menjadi tahun kegemilangan Barca. Sampai pekan ke-17, mereka berada di puncak klasemen La Liga dengan keunggulan 11 poin atas peringkat kedua, Valencia. Selisih gol pun terbilang fantastis, memasukkan 51 gol dan baru kemasukan 11 gol.


 Lain-Lain

Pendukung

Julukan cules untuk pendukung Barcelona berasal dari cul Katalan (bahasa Inggris : ass), sebagai penonton di stadion pertama, Camp de la Industria, duduk dengan culs mereka atas berdiri. di Spanyol, sekitar 25% dari populasi dikatakan Barca simpatisan, kedua di belakang Real Madrid, didukung oleh 32% dari populasi. Sepanjang Eropa, Barcelona adalah favorit klub pilihan kedua . Jumlah keanggotaan klub ini telah melihat peningkatan yang signifikan dari 100.000 pada musim 2003-04 menjadi 170.000 pada bulan September 2009, kenaikan tajam yang disebabkan oleh pengaruh Ronaldinho dan strategi media kemudian presiden Joan Laporta yang berfokus pada Spanyol dan Inggris media online.
Selain keanggotaan, per Juni 2010 ada 1.335 klub penggemar resmi terdaftar, disebut penyes, di seluruh dunia. Klub-klub penggemar mempromosikan Barcelona di wilayah mereka dan menerima penawaran bermanfaat ketika mengunjungi Barcelona. Klub ini telah memiliki banyak orang terkemuka di antara para pendukungnya, termasuk Paus Yohanes Paulus II, yang adalah anggota kehormatan, dan mantan perdana menteri Spanyol José Luis Rodríguez Zapatero. FC Barcelona memiliki kedua rata-rata kehadiran tertinggi klub sepak bola Eropa hanya di belakang Borussia Dortmund.


Rivalitas klub

El Clásico

Dalam sebuah liga nasional di suatu negara, sering terdapat persaingan sengit antara dua tim terkuat, dan ini terutama terjadi di La Liga, di mana pertandingan antara Real Madrid dan Barcelona dikenal sebagai "Pertemuan Klasik" (El Clásico). Sejak awal kompetisi nasional dimulai, kedua klub sering dipandang sebagai pencerminan/wakil dari dua daerah berbeda di Spanyol: Catalunya dan Castilla, serta dari dua kota. Persaingan ini mencerminkan berbagai hal, termasuk ketegangan politik dan budaya antara Catalunya dan Castilla yang merupakan gambaran umum dari Perang Saudara Spanyol.
Selama era kediktatoran Miguel Primo de Rivera dan terutama Francisco Franco (1939—1975), semua budaya regional ditekan. Semua bahasa daerah yang dipakai di wilayah Spanyol, kecuali bahasa Spanyol (Castilla), secara resmi dilarang. Simbolisasi keinginan rakyat untuk kebebasan Catalunya membuat Barcelona menjadi "lebih dari sekadar klub sepak bola" (més que un club) untuk masyarakat Catalan. Menurut Manuel Vázquez Montalbán, cara terbaik untuk orang Catalan untuk menunjukkan identitas mereka adalah dengan bergabung dengan Barcelona. Hal ini lebih kecil risikonya daripada bergabung dengan gerakan anti-Franco, dan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan ketidakpuasan mereka.
Di sisi lain, Real Madrid secara luas dilihat sebagai perwujudan dari sentralisme berdaulat dan rezim fasis di tingkat manajemen dan di bawahnya. Santiago Bernabeu yang menjadi presiden klub merupakan seorang pejuang untuk los nacionales. Namun, selama Perang Saudara Spanyol, anggota kedua klub seperti Josep Sunyol (Barcelona) dan Rafael Sánchez Guerra (Real Madrid) menyerah di tangan para pendukung Franco.
Selama tahun 1950, persaingan tersebut memburuk saat ada kontroversi seputar transfer Alfredo Di Stéfano, yang akhirnya bermain untuk Real Madrid dan merupakan kunci kesuksesan mereka berikutnya. Pada era 1960-an, kedua klub kemudian bertemu pada Piala Champions lebih dari dua kali dan pada tahun 2002, pertemuan antara klub Eropa dijuluki sebagai "Pertandingan Abad Ini" oleh media Spanyol, dan disaksikan oleh lebih dari 500 juta orang di seluruh d

Prestasi

Pada 28 Agustus 2013, Barcelona telah memenangkan 22 La Liga, 26 Copa del Rey, 11 Supercopa de España, 3 Copa Eva Duarte dan 2 piala Copa de la Liga, serta menjadi pemegang rekor untuk Orang empat kompetisi . Juga Mereka telah memenangkan 4 Liga Champions , rekor 4 Piala Winners UEFA, 4 Piala Super UEFA dan dua rekor Piala Dunia Antarklub FIFA. Mereka juga memenangkan rekor 3 Piala Inter - Cities Fairs, Dianggap pendahulu ke Piala UEFA - Liga Eropa.
Barcelona adalah satu-satunya klub Eropa Untuk Telah memainkan sepakbola kontinental setiap musim sejak 1955, dan salah satu dari tiga klub Untuk Apakah pernah terdegradasi dari La Liga , Seiring dengan Athletic Bilbao dan Real Madrid. Pada tahun 2009, Barcelona menjadi klub pertama di Spanyol untuk memenangkan treble terdiri dari La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions . Pada tahun yang sama, juga mMenjadi klub sepakbola pertama yang memenangkan enam dari enam kompetisi dalam satu tahun, Malthus menyelesaikan sextuple itu, Terdiri treble tersebut dan Piala Super Spanyol, Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA

Daftar pemain

Skuat utama

Per 24 Juli 2014.[1]
Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.
No.
Pos. Nama
1 Bendera Jerman GK Marc-André ter Stegen
2 Bendera Spanyol DF Martín Montoya
3 Bendera Spanyol DF Gerard Piqué
4 Bendera Kroasia MF Ivan Rakitić
5 Bendera Spanyol MF Sergio Busquets
6 Bendera Spanyol MF Xavi Hernández (kapten)
7 Bendera Spanyol FW Pedro Rodríguez
8 Bendera Spanyol MF Andrés Iniesta
9 Bendera Uruguay FW Luis Suárez
10 Bendera Argentina FW Lionel Messi
11 Bendera Brasil FW Neymar
13 Bendera Chili GK Claudio Bravo
14 Bendera Argentina MF Javier Mascherano

No.
Pos. Nama
15 Bendera Spanyol DF Marc Bartra
17 Bendera Kamerun MF Alex Song
18 Bendera Spanyol DF Jordi Alba
19 Bendera Belanda MF Ibrahim Afellay
20 Bendera Spanyol MF Sergi Roberto
21 Bendera Brasil DF Adriano
22 Bendera Brasil DF Dani Alves
23 Bendera Belgia DF Thomas Vermaelen
24 Bendera Perancis DF Jérémy Mathieu
25 Bendera Spanyol GK Jordi Masip
Bendera Brasil MF Rafinha
Bendera Spanyol FW Gerard Deulofeu


1 comment: